Jumat, 01 Februari 2019

Mengenal 8 Fungsi Keluarga


Keluarga merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Pemaknaan terhadap keluargapun bagi setiap individu berbeda-beda, ada yang mengatakan bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga, puisi yang paling berharga, bahkan ada yang beranggapan istana yang paling indah adalah keluarga. Anggapan-anggapan tersebut merupakan gambaran, betapa keluarga memiliki fungsi tersendiri dalam kehidupan setiap orang. Mampu atau tidaknya manusia menjalani kehidupan sangat bergantung pada peran keluarga.

Menurut Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ada 8 fungsi keluarga, yaitu :

     1.  Fungsi Agama
      Keluarga harus dapat memberi panutan yang baik dalam dalam hal ibadah dan perilaku kepada anak. Menurut Woodworth (Jalaludin, 2010) dalam bukunya Psikologi Agama, bayi yang dilahirkan sudah memiliki beberapa insting, diantaranya insting Agama dan spiritual. Belum terlihatnya tindak keagamaan pada diri anak karena beberapa fungsi kejiwaan yang menopang kematangan berfungsinya insting itu belum sempurna. Misalnya, insting sosial pada anak sebagai potensi bawaannya sebagai makhluk homosocius, baru akan berfungsi setelah anak dapat bergaul dan berkemampuan untuk berkomunikasi. Jadi insting sosial itu tergantung pada kematangan fungsi lainnya. Demikian pula insting Agama dan spiritualitas. Oleh sebab itu sejak dini sebaiknya anak diajarkan untuk disiplin dalam hal mengerjakan rutinitas keagamaan.
     2.  Fungsi Sosial Budaya
     Arus globalisasi yang begitu kuat memberikan dampak terjadinya akulturasi atau percampuran budaya satu dengan budaya lain. Sayangnya, akulturasi budaya ini tidak diimbangi dengan kesiapan psikologis generasi muda sehingga terjadi shock culture. Dalam hal ini keluarga dapat memberikan contoh dalam bertutur, bersikap, dan bertindak sesuai dengan budaya yang ada di sekitar serta melestarikan kearifan lokal yang ada.
     3.  Fungsi Kasih Sayang
     Kebutuhan akan cinta dan kasih bagi setiap orang tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan fisiologis seperti makan, minum, dan istirahat. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa akar permasalahan terbesar remaja berasal dari keluarga. Keluarga yang dapat memberikan cinta dan kasih sayangnya secara maksimal akan menumbuhkan karakter yang baik dalam diri anak, sebaliknya jika keluarga tidak dapat memberikan kebutuhan akan cinta dan kasih saying kepada anak, maka anak akan cenderung melakukan tindakan-tindakan yang melanggar baik norma, atauran yang ada.
     4.  Fungsi Perlindungan
       Keluarga seharusnya memiliki fungsi perlindungan, yaitu menumbuhkan rasa aman, nyaman, dan hangat dalam diri setiap anggota keluarga. Jalin komunikasi yang baik dan gunakan kalimat-kalimat positif. Budayakan dalam keluarga ucapan maaf dan terimakasih.  
     5.  Fungsi Reproduksi
     Suami-Istri dapat membuat kesepakatan bersama tentang perencanaan jumlah anak, jarak kelahiran, dan kesehatan reproduksi.
     6.  Fungsi Pendidikan
       Fungsi pendidikan yaitu mendorong anak untuk dapat mengenyam pendidikan baik formal maupun nonformal. Dukungan orang tua tidak hanya pada materi saja, namun juga dukungan mental. Saat ini standar kompetensi yang diterapkan di setiap jenjang pendidikan cukup tinggi, jika anak tidak mendapatkan dukungan yang baik dari orang tua, anak akan sulit mencapai standar tersebut.  
     7.  Fungsi Ekonomi
      Orang tua bertanggung jawab dalam memenuhi setiap kebutuhan keluarganya. Keluarga dapat membuat skala prioritas kebutuhan baik secara rutin maupun berkala. Anak dapat diajak untuk berdiskusi tentang kebutuhan-kebutuhan tersebut, tentunya dengan porsi yang sesuai dengan perkembangan usia mereka.
     8.  Fungsi Pembinaan Lingkungan
     Terkadang pembinaan lingkungan terhadap anak dianggap hal yang sepele dan cenderung diabaikan. Padahal mengajarkan anak untuk menjada dan memelihara lingkungan sangat penting. Kebiasaan masyarakat kita membuang sampah sembarangan dan kurang menjaga lingkungan salah satu faktornya adalah pendidikan sejak dini. Jika sejak dini anak sudah diajarkan membuang sampah di tempat sampah, dan menumbuhkan kesadaran bahwa antara manusia dan lingkungan atau alam saling berkaitan. Jika kita merawat lingkungan, alampun akan memberikan kebaikan kepada kita, dan sebaliknya.

Menjalankan keseluruhan fungsi tersebut dengan baik tentu membutuhkan usaha yang tidak mudah. Butuh kesepakatan bersama antar anggota keluarga dan keistiqomahan menjalankan 8 fungsi keluarga tersebut. Jika sebuah keluarga tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya, tidak hanya anggota keluarga yang bersangkutan yang menjadi tidak bahagia, namun berimbas pula pada karakter generasi muda secara keseluruhan. Jadi, mulai sekarang rencanakan dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar